Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas yang Sering Terjadi

March 7, 2022 By Indah Handikasari 0

Hampir setiap hari kecelakaan lalu lintas terjadi. Penyebabnya mulai dari kondisi pengendara hingga kinerja kendaraan tersebut. Kecelakaan lalu lintas cenderung meningkat ketika musim mudik tiba yaitu saat lebaran atau hari raya lainnya. Kelelahan adalah salah satu penyebabnya utama kecelakaan. Sedangkan dari segi kendaraan, kondisi mesin yang tidak prima namun dipaksa terus melaju juga merupakan menyebab kecelakaan. Rutin mengganti Oli mesin mobil terbaik adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja mesin sehingga terhindar dari kecelakaan. Anda dapat mencoba oli mesin yang ada pada laman berikut: https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-mesin-mobil karena kualitasnya bagus dan terjamin. Mari simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui penyebab kecelakaan lainnya.

  1. Kondisi jalanan. Kondisi jalanan sangat berpengaruh terhadap keselamatan pengendara. Kondisi jalanan yang buruk seperti berlubang, penerangan yang minim, dan tikungan yang tajam dapat membahayakan pengendara. Apalagi saat malam hari dimana penerangan yang minim sehingga sulit untuk melihat kontur jalanan. Akibatnya, pengendara akan menginjak rem secara mendadak untuk menghindari lubang. Begitu pula jika jalanan menikung tajam dengan rambu-rambu dan penerangan yang minim. Pengendara hanya mengandalkan lampu kendaraan yang jarak pandangnya terbatas. Kondisi jalanan yang gelap juga dapat menyebabkan pengendara mudah mengantuk sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.
  2. Kondisi kendaraan yang kurang baik. Penyebab paling umum kecelakaan lalu lintas setelah kondisi jalanan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik, seperti rem blong. Rem blong sangat berbahaya apabila mobil dalam keadaan melaju kencang dan jalanan yang menurun. Salah satu penyebab rem blong yaitu minyak rem habis, atau komponen rem yang sudah rusak. Selain rem blom, penyebab lainnya yaitu lampu kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik, kopling haus, ban kempes, hingga kelebihan muatan. Oleh sebab itu, Anda wajib memeriksa seluruh komponen kendaraan sebelum berkendara jarak jauh supaya terhindar dari kecelakaan yang dapat merugikan Anda dan orang lain.
  3. Human error. Human error atau kesalahan manusia merupakan faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Hal ini disebabkan kurangnya persiapan diri sebelum berangkat. Seperti kurang istirahat dan kondisi pengendara yang kurang stabil. Apabila kondisi pengendara sedang tidak fit namun memaksakan untuk jalan, maka akan menyebabkan tidak fokus saat berkendara. Selain itu, pengendara yang belum lancar mengemudikan kendaraan juga merupakan penyebab kecelakaan. Sebab, akan mudah panik dan tidak fokus. Ini sangat membahayakan dirinya, penumpang, dan pengendara lain. Seorang pengendara hendaknya paham terkait fitur-fitur dan komponen dalam mobil serta paham akan rambu-rambu lalu lintas.

Kecelakaan lalu lintas hamper terjadi setiap hariĀ  Namun, bukan berarti tidak dapat dicegah. Merawat kondisi mobil Anda adalah salah satu cara untuk mencegah hal tersebut. Semoga bermanfaat, ya!