4 Fakta Film Toxic, Terinspirasi Kasus Pencemaran Udara Mematikan di Korea Selatan

4 Fakta Film Toxic, Terinspirasi Kasus Pencemaran Udara Mematikan di Korea Selatan post thumbnail image

Untuk kamu yang hobi nonton film, terutama film Asia dan Korea Selatan, Toxic adalah film yang wajib kamu tonton. Salah satu hal yang membuat film ini spesial adalah kisah nyata yang melatarbelakanginya.

Toxic merupakan film garapan sutradara Cho Yongsun yang menceritakan soal perjuangan seorang jaksa dan dokter di Korea Selatan yang berupaya untuk mengungkap kebenaran di balik kasus pencemaran udara misterius. Sebelum kamu menonton film ini, yuk simak dulu fakta film Toxic berikut ini!

Fakta Film Toxic

Dibintangi Aktor dan Aktris Berkualitas

Tak hanya premisnya saja yang terlihat menjanjikan, film Toxic juga dibintangi oleh deretan aktor dan aktris berkualitas dari Korea Selatan. Beberapa diantaranya adalah Kim Sangkyung (Memories of Murder, May 18), Seo Younghee, Yun Gyeongho, serta Lee Sunbin yang akhir-akhir ini semakin sering muncul di deretan film serta drama Korea. Dalam film ini, Kim Sangkyung dan Lee Sunbin lah yang menjadi dua protagonis utama, sementara Yun Gyeongho tampil sebagai karakter antagonis.

Diadaptasi dari Novel Populer

Fakta menarik berikutnya adalah naskah film Toxic yang diangkat dari novel populer berjudul Humidifier Disinfectants and What Not to Say karya penulis So Jaewon. Novel tersebut juga merupakan salah satu novel laris di Korea Selatan. Meski begitu, terdapat beberapa bagian dari novel yang disesuaikan kembali saat diadaptasi ke layar lebar agar visualisasinya lebih mengena dan efektif bagi para penonton. Kamu sendiri apakah sudah pernah membaca novelnya?

Ceritanya Berdasarkan Tragedi Nyata di Korea Selatan

Meskipun film Toxic sendiri memang diangkat dari novel, rupanya kisahnya sendiri didasarkan pada tragedi yang pernah terjadi di kehidupan nyata. Soalnya, kasus pencemaran yang dibahas dan menjadi peristiwa sentral di dalam novel maupun filmnya sendiri berdasarkan peristiwa skandal desinfektan pelembab udara (humidifier disinfectant) yang berlangsung sepanjang tahun 1995 sampai 2011 silam di Korea Selatan. Berdasarkan data statistik di Korea sendiri, jumlah desinfektan pelembab udara yang terjual sepanjang periode tersebut mencapai lebih dari 10 juta botol.

Hingga Saat Ini Kasusnya Belum Terpecahkan

Sayangnya, kasus tersebut hingga saat ini belum terpecahkan sehingga masih jadi misteri. Padahal, tragedi tersebut telah mengakibatkan korban dengan jumlah lebih dari 1 juta, baik itu korban yang meninggal dunia maupun yang masih bertahan hidup. Bahkan korban yang bertahan hidup pun harus menanggung trauma berkepanjangan sekaligus rasa sakit karena penyakit paru-paru kronis.

Film Toxic sendiri sudah rilis pada bulan April 2022 kemarin. Meski begitu, kamu masih tetap bisa mengikuti kisah bagaimana kedua protagonis memecahkan misteri di balik penyakit paru-paru yang misterius yang menyerang masyarakat Korea dalam film ini lewat Viu. Download aplikasinya agar kamu bisa nonton film favoritmu langsung dari smartphone sekarang juga, yuk!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post